semua ini tentang indonesia

Selasa, 24 November 2015

Didirikan Tahun 1968, Midea Tersohor Sebagai Konglomerat Besar Yang Mengkhususkan Diri Dalam Produksi Alat-Alat Rumah Tangga Dan Juga Merambah Lapangan Yang Berhubungan Dengan Real Estate Dan Logistik. Kini Midea Merupakan Salah Satu Basis Produksi Dan Eksportir Peralatan Rumah Tangga Elektronik Terbesar Di Cina. Midea Pada Awalnya Memasuki Industri Elektronik Peralatan Rumah Tangga Dalam Tahun 1980 Dan Mulai Menggunakan Nama/ Merek Midea Pada Tahun 1981. Kini, Midea Group Dengan Mempekerjakan Sekitar 180' 000 Orang Baik Di Cina Dan Seluruh Dunia Dan Memiliki Lebih Dari Sepuluh Merek Terkenal Dalam Berbagai Industri Seperti Midea, Welling Dan Lainnya., Midea Mencapai Pendapatan Usd17.0 Miliar Pada 2010, Sedangkan 5, 08 Miliar Dari Mereka Adalah Bisnis Mengekspor Dan Luar Negeri. Terpisah Dari Markas Pusatnya Di Shunde, Midea Group Telah Mendirikan Basis-Basis Produksi Yang Tersebar Di Guangzhou, Zhongshan, Wuhu, Wuhan, Huai&Rsquo; An, Kunming, Changsha, Hefei, Chongqing Dan Suzhou, Dan Lain-Lain. Basis Di Pingyang, Vietnam Telah Mulai Berproduksi. Dengan Memiliki Jaringan Pemasaran Ekstensif Yang Tersebar Di Seluruh Penjuru Cina, Midea Group Telah Mendirikan Dua Puluh Satu Kantor Cabang Di Seluruh Dunia Seperti Di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, Hong Kong, Korea, Kanada, Rusia, Perancis, Malaysia Dan Vietnam. Saat Ini, Midea Menguasai Rantai Produksi Terbesar Dan Terlengkap Untuk Kelompok Ac, Lemari Es, Microwave Oven, Peralatan Rumah Tangga Kecil Dan Perlengkapan Dapur Di Cina. Produk-Produk Intinya Mencakup Ac Rumah Tinggal, Ac Komersial, Ac Central Berskala Besar, Mesin Cuci, Pemasak Nasi Listrik, Lemari Es, Dispenser Air Minum, Microwave Oven, Mesin Pencuci Piring, Induction Cooker, Kipas Angin Listrik, Pemanas Listrik, Pemanas Air, Kelengkapan Dapur, Range Hood, Lemari Pensteril, Mesin Pencacah Elektrik, Oven Listrik, Mesin Penghisap Debu, Peralatan Rumah Tangga Kecil Dan Produk Perlengkapan Rumah Lainnya, Serta Produk-Produk Pendukung Lainnya Seperti Kompresor, Motor Elektrik, Magnetron Dan Transformer. - See more at: http://pt.mideaplanetindonesia.web.indotrading.com/#sthash.uGZ8kM4o.dpuf
               ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI PT. KEDAWUNG SETIA IDUSTRIAL  DALAM                                               MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS



                                                   


                                                                Di susun oleh
                                                      Zaenal Arifin (17215730)



                                                    UNIVERSITAS GUNADARMA
                                                           FAKULTAS EKONOMI
                                                                       SALEMBA        
                                                                            2015




                                                                      Daftar isi
Halaman judul..........................................................................................................................................i
Daftar isi.................................................................................................................................................ii
Daftar tabel............................................................................................................................................iii

Bab I Pendahuluan
      1.1 Latar belakang masalah.............................................................................................................
      1.2 Rumusan masalah.....................................................................................................................
      1.3 Tujuan masalah.........................................................................................................................
Bab 11 Analisis Industri
      2.1 Persaingan antar perusahaan sejenis..........................................................................................
      2.2 Kemungkinan masuknya pesaing baru.......................................................................................
      2.3 Potensi perkembangan produk subtitusi....................................................................................
      2.4 Kekuatan tawar menawar penjual............................................................................................
      2.5 Kekuatan tawar menawar pembeli...........................................................................................
Bab III Analisis internal
      3.1 Deskripsi bisnis .....................................................................................................................
      3.2 Produk..................................................................................................................................
      3.3 Kinerja keuangan..................................................................................................................
      3.4 Aktifitas tanggungjawab sosial dan pengabdian masyarakat....................................................
Bab IV Analisis kinerja keuangan 
      4.1 Analisis likuiditas.................................................................................................................. 
      4.2 Analisis solvabilitas................................................................................................................
      4.3 Analisis provatibilitas...........................................................................................................
      4.4 Anaisis economics value addeds.........................................................................................
      4.5 Analisis market value addeds..............................................................................................
      4.6 Analisis cash flow addeds ................................................................................................
      4.7 Prediksi financial distress....................................................................................................
Bab V Analisis dan pilihan strategi
      5.1 Peluang extenal perusahaan.................................................................................................
      5.2 Ancaman external perusahaan............................................................................................
      5.3 Kekuatan internal perusahaan ..........................................................................................
      5.4 Kelemahan internal perusahaan........................................................................................
      5.5 Strategi SO perusahaan   ................................................................................................
      5.6 Straregi WO perusahaan...................................................................................................
      5.7 Strategi ST perusahaan..........................................................................................................
      5.8 Strategi WT perusahaan....................................................................................................
Bab VI Kesimpulan dan saran
      6.1 Kesimpulan........................................................................................................................
      6.2 Saran................................................................................................................................
Daftar pustaka...........................................................................................................................
Lampiran...................................................................................................................................



                                                                                 Bab I
                                                                            Pendahuluan

1.1 Latar belakang
 
                 Perseroan Terbatas (PT) merupakan bentuk usaha kegiatan ekonomi yang disukai saat ini, disamping karena pertanggung jawabanya yang bersifat terbatas,Perseroan Terbatas juga memberi kemudahan bagi pemilik (pemegang saham)nya untuk mengalihkan perusahaanya (kepada setiap orang) dengan menjualseluruh saham yang dimilikinya pada perusahaan tersebut.Kata “perseroan” menunjuk kepada modal nya yang terdiri atas sero(saham). Sedangkan kata “terbatas” menunjuk kepada tanggung jawab pemegangsaham yang tidak melebihi nilai nilai nominal saham yang diambil bagian dandimilikinya. Bentuk hukum seperti Perseroan terbatas ini juga dikenal di negara – negara lain seperti Malaysia disebut Sendirian Berbad (SDN BHD), di Singapuradisebut Private Limited (Pte Ltd), di Jepang disebut Kabushiki Kaisa, di Inggrisdisebut Registered Compaines, di Belanda disebut Naamloze Venootschap (NV),dan di Perancis disebut Societes A Resposabilitie Limite (SARL).Hal tersebut diatas ditegaskan dalam Pasal ! butir (1) Undang – UndangPerseroan Terbatas:Perseroan Terbatas yang selanjutnya disebut perseroan adalah badanhukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha denganmodal dasar yang seluruhnya tebagi dalam saham dan memenuhi persyaratanyang ditetapkan dalam undang – undang ini, serta peraturan pelaksanaanya”.Sebagai badan hukum, perseroan harus memenuhi unsur – unsur badanhukum seperti ditentukan dalam undang – undang Perseroan Terbatas (organisasiyang teratur, kekayaan sendiri, melakukan hubungan hukum sendiri,
     
      TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan perusahaan pada umumnya ialah untuk memuaskan kebutuhan dari konsumen dengan nilai-nilai
tertentu. Tujuan perusahaan dapat digolongkan sebagai berikut :

• Tujuan Pelayanan Primer
Tujuan primer adalah pembuatan barang/jasa yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Tujuan Organisatoris adalah nilai- nilai yang harus disumbangkan oleh masing-masing atau kelompok individu yang berada pada bagian yang bersangkutan. Tujuan Operasional adalah nilai-nilai yang disumbangkan oleh masing-masing tahap dalam suatu unit prosedur kerja secara keseluruhan.

• Tujuan Pelayanan Kolateral
Tujuan Kolateral Pribadi adalah nilai-nilai yang ingin dicapai oleh individuatau kelompok individu dalam perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial ialah nilai-nilai ekonomi yang lebih luas/umum yang diperlukan bagi kesejahteraan masyarakat dan yang dapat secara langsung dihasilkan dari kegiatan perusahaan.
Tujuan Kolateral Sosial bersifat lebih luas untuk kepentingan masyarakat,
misalkan : membayar pajak.

• Tujuan Pelayanan Sekunder
Merupakan nilai-nilai yang diperlukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan primer.
Namun secara umum, tujuan perusahaan dapat berupa :
a. mencapai keuntungan maksimal
b. mempertahankan kelangsungan
hidup
c. mengejar pertumbuhan
d. menampung tenaga kerja
       
    
          Kedawung Setia Industrial Tbk (KDSI) didirikan tanggal 09 Januari 1973 dengan nama PT Kedaung Setia Industrial Ltd. dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 1975. Kantor pusat KDSI berlokasi di Jalan Mastrip 862, Warugunung-Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur.

           
          Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Kedawung Setia Industrial Tbk, antara lain: PT Kita Subur utama (75,68%) dan Haiyanto (5,16%).
PT Kita Subur utama dimilki oleh Bambang Sujanto, Heru Wibisono, Harianto Wibisono dan Ali Sugiharto Wibisono dengan kepemilikan masing-masing sebesar 25%.
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan KDSI meliputi Industri barang-barang logam berlapis enamel, aluminium, dan barang-barang plastik dan kerajinan tangan terutama alat-alat dapur serta alat-alat rumah tangga yang dioperasikan secara elektronik; pembangunan yang meliputi usaha rancang bangun, pemborongan, developer real estate; perdagangan umum, termasuk impor dan ekspor, interinsulair dan lokal, dari semua barang yang dapat diperdagangkan.
Kegiatan usaha utama Kedawung Setia Industrial Tbk adalah bergerak di bidang peralatan rumah tangga berlapis enamel dan melalui anak usaha (PT Kedawung Setia Corrugated Carton Box Industrial) KDSI menjalankan usaha dalam bidang industri kotak karton gelombang dan tempat penyimpanan telur. Selain itu, KDSI juga mengembangkan usaha dengan memproduksi barang konstruksi berlapis enamel (dapat digunakan untuk atap stadion dan kubah masjid) dan tikar plasting dari bahan biji plastik polypropylene.
Pada tanggal 28 Juni 1996, KDSI memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham KDSI (IPO) kepada masyarakat sebanyak 50.000.000 dengan nilai nominal Rp500,- per saham dengan harga penawaran Rp800,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 29 Juli 1996.
          
 1.2 Rumusan masalah
    1. Bagaimana startegi PT. KSI dalam menghadapi persaingan bisnis ?
 1.3 Tujuan penelitian
    1. Untuk mengetahui strategi perusahaan PT. KSI dalam menghadapi persaingan ?


                                                             BAB II
                                                     Analisis Industri
            Faktor penting lain yang dapat mempengaruhi besarnya profit yang di peroleh suatu perusahaan industri adalah intensitas persaingan dalam perusahaan industri adalah intesitas persaingan dalam perusahaan industri itu sendiri . Michael Porter berpendapat tentang strategi yang berguna untuk mencapi pasisi kompetitif , yaitu strategi yang berguna untuk mencapai posisi kompetitif dalam industri. Intensitas persaingan
dalam suatu industri untuk memperoleh tingkat return diatas rata rata .
Intesitas persaingan merupakan gambaran lima faktor utama persaingan. Lima kekuatan persaingan akan menentukan persaingan akan menentukan probifilitas industri karena lima faktor tersbut mempunyai pengaruh terhadap komponaen ROI dalam suatu industri .
 Lima faktor yang menentukan intesitas persaingan dalam suatu industri dalam suatu industri adalah:

2.1  Persaingan antar perusahaan sejenis
               Persaingan antar perusahaan sejenis merupakan kekuatan terbesar dalam lima kekuatan kompetitif . Strategi yang dijalankan oleh suatu perusahaan dapat berhasil jika perusahaan memberikan keunggulan kompetitif dibanding strategi yang dijalankan perusahaan pesaing . Perubahan strategi oleh suatu perusahaan mungkin akan mendapat serangan balasan , seperti menurunkan harga , meningkatkan kualitas , menambah fitur menyediakan jasa , memperpanjang garansi dan meningkatkan iklan.
     
                                                           Tabel 2.1
                                  Daftar perusahaan peralatan rumah tangga

maspion
pt trisula mas sakti
pt kembar gumelar
pt neoflam indonesia
metal stainless

- Maspion  (PT MASPION)
         
             Maspion adalah salah satu produsen perkakas yang cukup besar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki keahlian yang kuat di bidang pemasaran dan manufaktur berbagai rangkaian produk peralatan rumah tangga kualitas baik di peralatan dapur, peralatan rumah tangga plastik, barang pecah belah, dan peralatan listrik rumah. Pipa PVC dan PE juga tersedia untuk keperluan perumahan dan rumah tangga. Perusahaan ini memiliki jaringan distribusi yang mapan dan luas baik domestik maupun internasional melalui distributor, agen, atau pengecer, serta perwakilan di kota-kota besar di Indonesia dan negara-negara berkembang utama. Perusahaan juga telah kuat dalam membangun aliansi strategis dengan mitra asing utama produk konsumen terkemuka di manufaktur tahan lama, yang telah memperkuat posisi perusahaan bisnis terkemuka di pasar domestik dan juga kehadiran jenis di pasar global. Perusahaan ini telah menjadi dikenal dengan baik atau (Original Equipment Manufacturing) di dunia, memasok beberapa toko eceran dan grosir terkenal di amerika serikat serta negara-negara besar lainnya di dunia.


Produk

  • Uchida
  • Maxim
  • Maspion Electric
  • Tivoli
  • Maspion Plastic
  • Plasticwares
  • Vanda Melamine
  • Panda
  • Maslon
  • Aubecq
  • Logam Jawa
  • Ishizuka
  • PVC
  • Doff
  • Meglio
- PT TRISULA MAS SAKTI
          
          
                Dengan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan dan excel, PT Trisula Mas Sakti menerapkan sistem manajemen yang berkualitas dan kontrol kualitas yang ketat. Personil yang berpengalaman dan terampil, didukung dengan mesin produksi terbaru, memungkinkan kita untuk menghasilkan hanya peralatan rumah tangga plastik berkualitas tinggi yang melampaui standar internasional.

Penelitian kami dan tim pengembangan terus-menerus memperluas jangkauan produk kami untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap pelanggan. Semua jenis produk yang secara teratur diperbarui untuk menyesuaikan dengan desain paling up to date dan tren warna terbaru.

Berlokasi di 13 hektar area manufaktur dan pergudangan, PT Trisula Mas Sakti bertujuan untuk menjadi mitra terpercaya Anda untuk pengadaan mebel plastik, keranjang, container, ember, aksesori kamar mandi untuk berbagai jenis barang dapur.
         
-

     
Didirikan Tahun 1968, Midea Tersohor Sebagai Konglomerat Besar Yang Mengkhususkan Diri Dalam Produksi Alat-Alat Rumah Tangga Dan Juga Merambah Lapangan Yang Berhubungan Dengan Real Estate Dan Logistik. Kini Midea Merupakan Salah Satu Basis Produksi Dan Eksportir Peralatan Rumah Tangga Elektronik Terbesar Di Cina. Midea Pada Awalnya Memasuki Industri Elektronik Peralatan Rumah Tangga Dalam Tahun 1980 Dan Mulai Menggunakan Nama/ Merek Midea Pada Tahun 1981. Kini, Midea Group Dengan Mempekerjakan Sekitar 180' 000 Orang Baik Di Cina Dan Seluruh Dunia Dan Memiliki Lebih Dari Sepuluh Merek Terkenal Dalam Berbagai Industri Seperti Midea, Welling Dan Lainnya., Midea Mencapai Pendapatan Usd17.0 Miliar Pada 2010, Sedangkan 5, 08 Miliar Dari Mereka Adalah Bisnis Mengekspor Dan Luar Negeri. Terpisah Dari Markas Pusatnya Di Shunde, Midea Group Telah Mendirikan Basis-Basis Produksi Yang Tersebar Di Guangzhou, Zhongshan, Wuhu, Wuhan, Huai&Rsquo; An, Kunming, Changsha, Hefei, Chongqing Dan Suzhou, Dan Lain-Lain. Basis Di Pingyang, Vietnam Telah Mulai Berproduksi. Dengan Memiliki Jaringan Pemasaran Ekstensif Yang Tersebar Di Seluruh Penjuru Cina, Midea Group Telah Mendirikan Dua Puluh Satu Kantor Cabang Di Seluruh Dunia Seperti Di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, Hong Kong, Korea, Kanada, Rusia, Perancis, Malaysia Dan Vietnam. Saat Ini, Midea Menguasai Rantai Produksi Terbesar Dan Terlengkap Untuk Kelompok Ac, Lemari Es, Microwave Oven, Peralatan Rumah Tangga Kecil Dan Perlengkapan Dapur Di Cina. Produk-Produk Intinya Mencakup Ac Rumah Tinggal, Ac Komersial, Ac Central Berskala Besar, Mesin Cuci, Pemasak Nasi Listrik, Lemari Es, Dispenser Air Minum, Microwave Oven, Mesin Pencuci Piring, Induction Cooker, Kipas Angin Listrik, Pemanas Listrik, Pemanas Air, Kelengkapan Dapur, Range Hood, Lemari Pensteril, Mesin Pencacah Elektrik, Oven Listrik, Mesin Penghisap Debu, Peralatan Rumah Tangga Kecil Dan Produk Perlengkapan Rumah Lainnya, Serta Produk-Produk Pendukung Lainnya Seperti Kompresor, Motor Elektrik, Magnetron Dan Transformer. - See more at: http://pt.mideaplanetindonesia.web.indotrading.com/#sthash.uGZ8kM4o.dpuf
Didirikan Tahun 1968, Midea Tersohor Sebagai Konglomerat Besar Yang Mengkhususkan Diri Dalam Produksi Alat-Alat Rumah Tangga Dan Juga Merambah Lapangan Yang Berhubungan Dengan Real Estate Dan Logistik. Kini Midea Merupakan Salah Satu Basis Produksi Dan Eksportir Peralatan Rumah Tangga Elektronik Terbesar Di Cina. Midea Pada Awalnya Memasuki Industri Elektronik Peralatan Rumah Tangga Dalam Tahun 1980 Dan Mulai Menggunakan Nama/ Merek Midea Pada Tahun 1981. Kini, Midea Group Dengan Mempekerjakan Sekitar 180' 000 Orang Baik Di Cina Dan Seluruh Dunia Dan Memiliki Lebih Dari Sepuluh Merek Terkenal Dalam Berbagai Industri Seperti Midea, Welling Dan Lainnya., Midea Mencapai Pendapatan Usd17.0 Miliar Pada 2010, Sedangkan 5, 08 Miliar Dari Mereka Adalah Bisnis Mengekspor Dan Luar Negeri. Terpisah Dari Markas Pusatnya Di Shunde, Midea Group Telah Mendirikan Basis-Basis Produksi Yang Tersebar Di Guangzhou, Zhongshan, Wuhu, Wuhan, Huai&Rsquo; An, Kunming, Changsha, Hefei, Chongqing Dan Suzhou, Dan Lain-Lain. Basis Di Pingyang, Vietnam Telah Mulai Berproduksi. Dengan Memiliki Jaringan Pemasaran Ekstensif Yang Tersebar Di Seluruh Penjuru Cina, Midea Group Telah Mendirikan Dua Puluh Satu Kantor Cabang Di Seluruh Dunia Seperti Di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, Hong Kong, Korea, Kanada, Rusia, Perancis, Malaysia Dan Vietnam. Saat Ini, Midea Menguasai Rantai Produksi Terbesar Dan Terlengkap Untuk Kelompok Ac, Lemari Es, Microwave Oven, Peralatan Rumah Tangga Kecil Dan Perlengkapan Dapur Di Cina. Produk-Produk Intinya Mencakup Ac Rumah Tinggal, Ac Komersial, Ac Central Berskala Besar, Mesin Cuci, Pemasak Nasi Listrik, Lemari Es, Dispenser Air Minum, Microwave Oven, Mesin Pencuci Piring, Induction Cooker, Kipas Angin Listrik, Pemanas Listrik, Pemanas Air, Kelengkapan Dapur, Range Hood, Lemari Pensteril, Mesin Pencacah Elektrik, Oven Listrik, Mesin Penghisap Debu, Peralatan Rumah Tangga Kecil Dan Produk Perlengkapan Rumah Lainnya, Serta Produk-Produk Pendukung Lainnya Seperti Kompresor, Motor Elektrik, Magnetron Dan Transformer. - See more at: http://pt.mideaplanetindonesia.web.indotrading.com/#sthash.uGZ8kM4o.dpuf
                  
Didirikan Tahun 1968, Midea Tersohor Sebagai Konglomerat Besar Yang Mengkhususkan Diri Dalam Produksi Alat-Alat Rumah Tangga Dan Juga Merambah Lapangan Yang Berhubungan Dengan Real Estate Dan Logistik. Kini Midea Merupakan Salah Satu Basis Produksi Dan Eksportir Peralatan Rumah Tangga Elektronik Terbesar Di Cina. Midea Pada Awalnya Memasuki Industri Elektronik Peralatan Rumah Tangga Dalam Tahun 1980 Dan Mulai Menggunakan Nama/ Merek Midea Pada Tahun 1981. Kini, Midea Group Dengan Mempekerjakan Sekitar 180' 000 Orang Baik Di Cina Dan Seluruh Dunia Dan Memiliki Lebih Dari Sepuluh Merek Terkenal Dalam Berbagai Industri Seperti Midea, Welling Dan Lainnya., Midea Mencapai Pendapatan Usd17.0 Miliar Pada 2010, Sedangkan 5, 08 Miliar Dari Mereka Adalah Bisnis Mengekspor Dan Luar Negeri. Terpisah Dari Markas Pusatnya Di Shunde, Midea Group Telah Mendirikan Basis-Basis Produksi Yang Tersebar Di Guangzhou, Zhongshan, Wuhu, Wuhan, Huai&Rsquo; An, Kunming, Changsha, Hefei, Chongqing Dan Suzhou, Dan Lain-Lain. Basis Di Pingyang, Vietnam Telah Mulai Berproduksi. Dengan Memiliki Jaringan Pemasaran Ekstensif Yang Tersebar Di Seluruh Penjuru Cina, Midea Group Telah Mendirikan Dua Puluh Satu Kantor Cabang Di Seluruh Dunia Seperti Di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, Hong Kong, Korea, Kanada, Rusia, Perancis, Malaysia Dan Vietnam. Saat Ini, Midea Menguasai Rantai Produksi Terbesar Dan Terlengkap Untuk Kelompok Ac, Lemari Es, Microwave Oven, Peralatan Rumah Tangga Kecil Dan Perlengkapan Dapur Di Cina. Produk-Produk Intinya Mencakup Ac Rumah Tinggal, Ac Komersial, Ac Central Berskala Besar, Mesin Cuci, Pemasak Nasi Listrik, Lemari Es, Dispenser Air Minum, Microwave Oven, Mesin Pencuci Piring, Induction Cooker, Kipas Angin Listrik, Pemanas Listrik, Pemanas Air, Kelengkapan Dapur, Range Hood, Lemari Pensteril, Mesin Pencacah Elektrik, Oven Listrik, Mesin Penghisap Debu, Peralatan Rumah Tangga Kecil Dan Produk Perlengkapan Rumah Lainnya, Serta Produk-Produk Pendukung Lainnya Seperti Kompresor, Motor Elektrik, Magnetron Dan Transformer. - See more at: http://pt.mideaplanetindonesia.web.indotrading.com/#sthash.uGZ8kM4o.dpuf
       
               

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.