Isu-isu Strategis dalam Perusahaan Multinasional
Manajemen Strategis :
- Berpikirlah secara global,
- bertindaklah secara local
Perusahaan Multinasional (MNC)
Adalah jenis khusus perusahaan internasional perusahaan yang terlibat dalam sembarang kombinasi aktivitas mulai dari mengekspor atau mengimpor sampai pada skala penuh proses pemanufakturan di luar negeri
MNC adalah pengembangan lebih jauh perusahaan internasional dengan keterlibatan mencakup seluruh dunia dan manajemen serta pengambilan keputusannya mempunyai perspektif global
Karakteristik MNC (Dymza, 1972)
- Pembuat keputusan selalu mempertimbangkan kesempatan yg ada secara global
- Sejumlah aset MNC diinvestasi secara internasional
- Bergerak dalam produksi internasional & mengoperasikan beberapa pabrik di beberapa Negara
- Pengambilan keputusan manajerial didasarkan pd perspektif yg meliputi seluruh dunia
Kontinum Industri Internasional
Multidomestik
Industri tempat perusahaan – perusahaan mendesain produk-produknya sesuai dengan kebutuhan khusus para konsumennya di satu negara tertentu :
• Usaha eceran
• Asuransi
• Perbankan
Global
Industri di mana perusahaan membuat & menjual produk yg sama, dgn hanya melakukan penyesuaian kecil pada Negara tertentu di seluruh dunia :
• Otomotif
• Ban kendaraan
• Perangkat televisi
Perdagangan internasional : Keunggulan kompetitif vs Keunggulan komperatif
- Keunggulan komperatif negara : ada dua teori yg mendasari yaitu Adam Smith ( keunggulan absolut) dan David Ricardo (keunggulan komperatif)
- Keunggulan kompetitif negara : (M.E. Porter) kondisi faktor produksi; kondisi permintaan; industri pendukung dan industri terkait; strategi perusahaan, struktur dan persaingan
4 tahap perkembangan persaingan (M.E. Porter, 1990)
Tahap 1 : kekuatan faktor-faktor produksi
Tahap 2 : kekuatan investasi
Tahap 3 : kekuatan inovasi
Tahap 4 : kekuatan kesejahteraan
Pengamatan terhadap kekuatan & kelemahan internasional
- Keunggulan teknologi
- Nama dagang yang kuat
- Keunggulan pemanfaatan skala produksi
- Kemampuan untuk melakukan pengamatan
- Produk atau jasa yg unggul
- Eksekutif internasional yg unggul
Isu internasional dlm perumusan strategi
- Analisis Portofolio internasional : daya tarik negara dan kekuatan kompetitif produk
- Strategi internasional yg umum digunakan: mengekspor, memberikan lisensi, joint ventures, akuisisi
DAFTAR PUSTAKA
file:///C:/Users/Hp/Documents/Isuisu%20Strategis%20dalam%20Perusahaan%20Multinasional%20(1).pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.